Minggu, 26 Oktober 2014

Cara Mengubah Nama Secara Resmi dan Benar di Indonesia


Hi, nama saya adalah RHIO SUTOYO (begitu kata KTP saya). Eh BUKAN, nama saya itu sebenar-nya adalah RHIO SUTOJO (kalau ini sih menurut Akte Lahir saya). Tapiii, di akte lahir itu ternyata cuma RHIO saja, SUTOJO kan cuma nama papa saya yang menurun ke saya!!!! Hmmm.. Jadi, nama saya yang mana sih sebenarnya??!!



Status nama saya yang berbeda-beda:
Begitulah kondisi yang menghantui saya saat saya berumur 19 tahun. Saya sempat tidak dapat mengganti buku tabungan bank saya karena masalah ini. Ditambah lagi saat saya membuat passport di umur 21 tahun. Nama di passport saya tersebut tidak dapat mengikuti keinginan saya.

Ternyata, nama saya berbeda-beda di beberapa dokumen resmi dan dokumen catatan sipil. Berikut adalah nama-nama saya tersebut:
  • RHIO SUTOYO = Ijazah S2, KTP, SIM, NPWP, Kartu Keluarga, SPT, dll.
  • RHIO SUTOJO = Akte Lahir, Passport
  • RHIO = Ijazah SMA, Ijazah S1
Jadi, apa masalahnya kalau memang nama berbeda-beda?
Bagi kebanyakan orang, mungkin ini tidak masalah. Tapi bagi saya yang ingin mendaftarkan nama saya ke Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (DIKTI) untuk mendapatkan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), ini merupakan masalah yang BESAR!! Hal ini terjadi karena ada perbedaan nama di Akte Lahir (RHIO SUTOJO), Ijazah S1 (RHIO), dan Ijazah S2 (RHIO SUTOYO).

Menurut info dari layanan dosen di Universitas saya bekerja, DIKTI akan menganggap ketiga nama itu sebagai orang yang berbeda-beda dan mengakibatkan permohonan NIDN saya DITOLAK!!! Ya, DITOLAK!!!

DITOLAK?? Lalu, apa solusi-nya??
Saya menemukan solusi dari masalah ini, yaitu menyamakan nama saya dengan cara mengganti nama tersebut di beberapa dokumen tertentu. Saya memilih untuk mengganti nama saya di akte lahir menjadi "RHIO SUTOYO" dikarenakan hampir semua dokumen resmi saya sudah menggunakan nama RHIO SUTOYO. 

Untuk Passport, akan mengikuti Akte Lahir, jadi jika sudah mengganti dokumen Akte Lahir maka mengganti nama di Passport pun akan mudah.

Untuk Ijazah SMA dan Ijazah S1 cukup meminta dokumen tertulis dari tempat saya sekolah dan kuliah bahwa RHIO dan RHIO SUTOYO adalah orang yang sama. Jadi, tidak ada masalah di kedua dokumen ini.  Untuk mendapatkan dokumen tersebut, saya membuat surat pernyataan (cth: Surat Keterangan) dan mengirimkan-nya ke tempat kuliah saya (Universitas Bina Nusantara).

Bagaimana mengganti nama pada Akte Lahir kita?? Apakah bisa??
Untuk mengganti nama, rekan-rekan dapat datang ke pengadilan negeri terdekat. Karena saya adalah orang Tangerang maka saya pergi ke pengadilan Tangerang untuk mengganti nama saya tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan-nya:
  1. Membuat Surat Permohonan Untuk Pengadilan
    Surat permohonan ditujukan kepada Bapak Ketua Pengadilan Negeri dan pada surat tersebut dijelaskan mengenai pengajuan pemohon mengenai perubahan nama. Untuk contoh-nya, dapat dilihat pada gambar di bawah. Tetapi saya ingatkan surat ini HARUS dibuat sendiri dan bersifat PERSONAL. Jangan sampai diketikan oleh CALO atau tukang ketik. Hal ini diperlukan untuk menyakinkan Hakim bahwa kasus ini nyata dan benar ada-nya.
  2. Membayar Biaya Permohonan Sidang
    Untuk mengadakan sidang, diperlukan biaya sekitar Rp 171.000,- (tahun 2014). Tapi staff pengadilan di tempat saya melebihkan Rp 100.000,- untuk biaya sidang ulang (biaya sidang kedua jika sidang pertama gagal). Jika sidang pertama berhasil, maka uang tersebut bisa diambil kembali di kasir (refundable).
  3. Datang Sidang Pada Tanggal yang Telah Ditentukan
    Setelah membayar biaya permohonan sidang, staff pengadilan akan memberitahu tanggal sidang dan meminta rekan-rekan untuk datang kembali. Catatlah tanggal penting tersebut di kalender, buat reminder, dan mulai mencari saksi untuk membantu rekan-rekan dalam sidang nanti-nya. Pada kasus ini, saya diminta untuk menyiapkan DUA SAKSI. Karena itu, saya meminta Papa dan Mama saya untuk menjadi saksi. Pada pengadilan Tangerang, banyak sekali calo yang bersedia untuk jadi saksi. Saran saya, jangan menggunakan calo sebagai saksi. Karena bisa saja permohonan Anda ditolak jika ketahuan saksi-nya adalah calo.
  4. Pengumuman Hasil Sidang
    Jika permohonan rekan-rekan DITERIMA, maka rekan-rekan tinggal menunggu hasil atau dokumen hasil sidang dan mengambil-nya di pengadilan. Jika permohonan rekan-rekan DITOLAK, maka rekan-rekan harus mengikuti sidang lagi atau bahkan tidak boleh sidang lagi tergantung keputusan dari hakim (maaf yang ini saya kurang tahu).
  5. Mengambil Hasil Sidang
    Hasil sidang adalah berupa surat ketetapan dari Pengadilan yang dapat rekan-rekan gunakan untuk mengganti nama rekan-rekan di CATATAN SIPIL. Jadi, setelah ini rekan-rekan masih harus pergi ke catatan sipil untuk mengganti nama.
Total waktu yang dibutuhkan:

Dibutuhkan kurang lebih waktu 2-4 minggu untuk mengurus pergantian nama. Rekan-rekan kurang lebih diharuskan untuk bolak-balik ke pengadilan selama 3x (kasih surat permohonan, mengikuti persidangan, dan mengambil hasil sidang). Tapi kabar baiknya untuk proses kasih surat permohonan dan mengambil hasil sidang tersebut DAPAT DIWAKILKAN. Jadi yang terpenting rekan-rekan menyiapkan waktu untuk mengikuti sidang. :"D

Pergi ke CATATAN SIPIL untuk mengganti nama:

Setelah mendapatkan surat ketetapan dari pengadilan, rekan-rekan dapat menggunakan surat tersebut di CATATAN SIPIL untuk mengganti nama. Rekan-rekan harus membawa Akte Lahir yang lama, Kartu Keluarga, Surat Ketetapan Pengadilan, dan dokumen-dokumen lain-nya yang diminta.

Sekian dulu cerita saya. Semoga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang berjuang mendapatkan NIDN atau ingin mengganti nama-nya jadi lebih KEREN. Semoga berhasil!!! 

 PERTANYAAN YANG SERING DITANYAKAN (FAQ)

Berapa biaya permohonon sidang?
Rp 171.000 + Rp 100.000 (untuk biaya sidang ulang jika diperlukan)
*Jika sidang pertama berhasil, maka biaya sidang ulang bisa diambil kembali di kasir (refundable)

Berapa waktu yang diperlukan untuk semua proses pergantian nama?
Dibutuhkan kurang lebih waktu 2-4 minggu. Rekan-rekan kurang lebih diharuskan untuk bolak-balik ke pengadilan selama 3x:
1. Memberikan Surat Permohonan Penggantian Nama (DAPAT DIWAKILKAN)
2. Mengikuti Persidangan (HARUS HADIR)
3. Mengambil Hasil Sidang (DAPAT DIWAKILKAN)

Akte Lahir saya pembuatan-nya di-kota "A", apakah saya bisa mengurusnya di pengadilan kota "B"?
Saya pergi ke pengadilan Tangerang dikarenakan KTP saya adalah KTP Tangerang. Sedangkan Akte Lahir saya adalah keluaran Jakarta.

CONTOH DOKUMEN
  1. Surat permohonan untuk pengadilan (Link)
  2. Surat pernyataan untuk SMA / Kampus untuk meminta klarifikasi nama sama (Link)

80 komentar:

  1. Klau ganti nama total sama nambah nama gimana dengan ijazah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ijazah, nanti minta universitas-nya buat surat pernyataan bahwa "RHIO" dan "RHIO SUTOYO" adalah nama yang sama.

      Hapus
    2. Om kalo nama d ijazah tidak sesuai dengan yg d sivil bermasalah atau tidak, dcontoh d ijazah Dwi tp pas cek ijazah d sivil jadi DEWI

      Hapus
  2. Klau ganti nama total sama nambah nama gimana dengan ijazah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ijazah hanya bisa keluar 1x menurut aturan universitas saya. Jadi paling tidak minta surat pernyataan dari univ bahwa 2 nama tsb adalah orang yang sama. Berikut contohnya:
      https://drive.google.com/file/d/1PV61RQ7LIuyswoXJiahkes1QSS0Ab9Mg/view?usp=sharing

      Hapus
  3. Total biaya yang harus dikeluarkan berapah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa biaya permohonon sidang?
      Rp 171.000 + Rp 100.000 (untuk biaya sidang ulang jika diperlukan)
      *Jika sidang pertama berhasil, maka biaya sidang ulang bisa diambil kembali di kasir (refundable)

      Hapus
  4. Nama aku juga akte Pake gelar Rd syahrul
    Pas ijazah Syahrul 😥

    BalasHapus
  5. om mau nanya dong, Ijazah Sd, Smp, Sma, S1 saya namanya sama, tapi berbeda dari nama yang ada di Akte Kelahiran, KK dan KTP sementara nama saya diketiga berkas ini sama. jadi lebih baik dan lebih mudah ganti nama di Ijazah atau ketiga berkas tersebut ya om? saya ingin melamar CPNS soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutin ijazah dll aja. KK & KTP bisa diubah langsung ke dinas sipil. Kalo ijazah, harus dateng ke sekolah2 & kampus untuk minta pernyataan tertulis.

      Hapus
  6. Mas minta saran. Nama ijazah S1 saya tidak lengkap. Yg lain dari ktp, kk dan ijazah SD - SMA sama. Itu gimana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta surat ke universitasnya bahwa kamu adalah orang yang sama.
      Formatnya kurang lebih begini: https://drive.google.com/file/d/1PV61RQ7LIuyswoXJiahkes1QSS0Ab9Mg/view?usp=sharing

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. kalau misalkan saya mau mengajukan untuk papa saya apa bisa ya terus barangkali mas ada contoh surat permohonannya juga
    trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berikut yah contohnya:
      https://drive.google.com/open?id=1DZcPDkT1Xz131h1Utv68DHrMMIhOQyNN

      Hapus
  9. Saya mau tanya bos, apa bisa nama orang tua di ganti karna di ijazah dan KK sama sedangkan di akte berbeda dan yang harus di ganti nama nya yang mana bos ijazah KK atau akte

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1) Tentukan terlebih dahulu nama yang diinginkan.
      2) Ganti nama di akta lahir, lalu baru urus surat2 yang lainnya satu per satu.

      Hapus
  10. Saya mau tanya,nama saya kan beda cuma spasi aja di akte,kk&ktp
    (Agus ekajaya)....kalo nama d
    ijazah (Agus eka jaya)...ini apakah bermaslh nnti ny di kuliahan.
    Trus apakah bisa nama saya d ijazah itu d ubag pas lulus kuliah??..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pihak kampus biasanya akan mengikuti request mahasiswanya. Tetapi harus disertai alasan yang jelas. Contohnya gini: https://drive.google.com/file/d/1PV61RQ7LIuyswoXJiahkes1QSS0Ab9Mg/view?usp=sharing

      Hapus
    2. KOK LINK NYA GAK BISA DI PASTE YA .. ?

      Hapus
  11. Pusing pengin ganti nama. Soalnya nama saya pemberian dukun waktu kecil sakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika memang sudah mantab mau ganti nama, langsung ganti nama saja. Minta izin terlebih dahulu ke orang tua.

      Hapus
    2. sama banget..aku yang beri nama bukan ortuku, sakit sakitan mulu dari kecil. mau ganti nama takut banget alesanya gimana. terus soal ijaza gimana.. kalo misalnya kita dateng ke sma minta ganti nama ijaza emang bisa ya kak?😭😭 apa nanti cuma dikasih pernyataan tertulis aja?.. terus mempengaruhi di pelamaran kerja ga kak? takut banget soalnya

      Hapus
    3. Sama saya juga bingung nya di sini

      Hapus
  12. Minta saran nya. Nama saya Azis di ijazah dr SD, SMP, SMK.. Tp di akte dan kk, KTP nama saya Aziz.. Itu baiknya gimana ya mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika tidak ada masalah dalam pekerjaan, maka tidak perlu mengganti nama. Tapi semua dokumen sipil nanti akan mengikuti nama di akta lahir.

      Hapus
  13. Minta saran nya.Nama anak saya di KTP,kk,akte Rendy...tp ijazah SD sama SMP Rendi jd cuma perbedaan y sama i...sedang pihak sekolah meminta namanya mengikuti ijazah yg SD & SMP dan saya pun akhirnya mengubah nama anak saya menjadi huruf i di ke dukcapil tp knp ko di kartu UN nya masih tetap huruf Y...harus bagaimana caranya mas?...apakah ijazah yg SMK huruf nya masih y atau udah i nanti nya ya...mohon sarannya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm. Menurut saya dokumen terkuat adalah dokumen catatan sipil. Jadi seharusnya pihak sekolah yang mengikuti bukti dokumen catatan sipil tersebut. Tapi jika terlanjur dirubah maka seharusnya tidak masalah. Karena perubahan nama itu ada lampiran-nya.

      Jadi di lampiran tersebut seharunya mengatakan bahwa akta lahir atas nama Rendy dirubah menjadi Rendi. Berikan dua dokumen tsb:
      1) akta lahir lama
      2) akta lahir baru (yang ada nomor lampiran ke akta lahir lama)

      Hapus
  14. Kalo mau merubah nama itu disurat permohonan pengadilan nya bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berikut contohnya: https://drive.google.com/file/d/1DZcPDkT1Xz131h1Utv68DHrMMIhOQyNN/view

      Hapus
  15. Kalau misalnya ingin menambahkan nama belakang, tetapi semua dokumen namanya sama cuma ingin di tambah pake nama belakang apakah bisa? Ijazah SD dan SMP saya Salsabila saya baru masuk SMK jadi ingin di beri nama belakang nantinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ingin tambah nama belakang, dimulai dari akta lahir dulu. Setelah itu, mulai gunakan nama yang ada di akta lahir.

      Hapus
  16. Mas mau tanya, saya mau ganti nama total full, yang saya takutkan masalah kampus nanti gimana ya mas? Soalnya saya statusnya masih kuliah,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dikoordinasikan dengan pihak kampus saja. Waktu saya S2, saya memilih nama yang dimasukkan ke ijazah saya dan berhasil koq.

      Hapus
    2. Bisa keknya, aku jg gitu semua dokumen sama sampe ijasah SLTA. Pas udah lulus slta baru ganti nama trus pas daftar kampus pake nama yg baru, pas verifikasi data dilampiri surat penetapan dari pengadilan, pas udah ketrima di kampuspun aku perjelas lagi tanya ke akademik mreka bilangnya ntar nentuin mau ngikut nama yg baru apa yg lama. semoga bermanfaat

      Hapus
    3. Halo salam kenal. Oh bisa ya seperti itu. Berarti kalau mau kuliah ga harus pake nama yg sesuai ijazah SMA. Tapi bisa pake nama baru yg di akta baru?

      Hapus
  17. Ka nau tanya
    Ijazah SD, SMP sesuai sama KTP dan Akte juga tapi ijazah SMA berbeda 2 huruf. Apakah nanti ijazah kuliah akan sama seperti ijazah SMA? Biar namanya sama sesuai KTP bagaimana ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di daftar absen kuliah nama km gimana? Cek saja ke bagian pendaftaran/layanan mahasiswa kampus. Jika memang ada kesalahan, maka minta ganti ke pihak kampus.

      Hapus
  18. Mas mau tanya, buat surat permohonan ganti nama itu kita sendiri yang buat atau sudah tersedia blanko surat permohonan ganti nama di pengadilan. Kalau buat sendiri, saya boleh minta konsepnya ?

    BalasHapus
  19. Mas mau tanya, buat surat permohonan ganti nama itu kita sendiri yang buat atau sudah tersedia blanko surat permohonan ganti nama di pengadilan. Kalau buat sendiri, saya boleh minta konsepnya ?

    BalasHapus
  20. Kak, kalo misalkan beda spasi, jadi masalah lagi??

    BalasHapus
  21. Ka minta saran donk ijazah saya hilang yg SMA kebetulan nama saya sekarang sudah ganti dn sudah selesai sidang di pengadilan di karenakan saya merubah agama saya..baiknya gimna ya saya mau ngurus ijazah SMA lagi

    BalasHapus
  22. Saya mau nambah nama tapi di ijasah, Akte KTP, KK sudah tercatat nama saya bagaimana cara menambahkan nama

    BalasHapus
  23. Selamat siang mas rhio sutoyo
    Mass saya mau tanya,besar harapan saya semoga mas rhio dapat membalas pesan saya.
    Mas saat ini saya ingin melanjutkan sekolah melalui jalur paket B namun ijazah SD saya hilang,
    Nama di ijazah saya adalah nama kecil,saya ingin mengganti nama saya di ijazah menjadi nama yang sekarang.
    Karna nama di KK dan KTP saya sudah di ganti menjadi nama yang sekarang.
    Cara bikin surat permohonan nya gimana yaa mas untuk ke sekolah nanti

    BalasHapus
  24. Selamat sore Bu Nuri. Untuk format permintaan suratnya itu tergantung dari sekolahnya. Jadi nanti Ibu bisa lgsg tanyakan ke sekolahnya.

    BalasHapus
  25. Selamat malam. Nama di ijazah sy dari SD sampai S1 Andreas Kurniawan, nah di ktp, kk dan akta tan andreas kurniawan. Skr sy lg ambil S2. Klo mau rubah buat ijazah S2 nantinya apa cm perlu mnta surat keterangan dri kampus S1 aja? Terima kasih

    BalasHapus
  26. Selamat malam. Nama di ijazah sy dari SD sampai S1 Andreas Kurniawan, nah di ktp, kk dan akta tan andreas kurniawan. Skr sy lg ambil S2. Klo mau rubah buat ijazah S2 nantinya apa cm perlu mnta surat keterangan dri kampus S1 aja? Terima kasih

    BalasHapus
  27. Persis kek masalah saya yang ku hadapi sekarang

    BalasHapus
  28. Kak klo misalnya nama di ijazah SD-SMP nya beda sama ijazah SMA beda gimana ya? Yang ngikutin akte kelahiran cuma ijazah SMA soalnya,klo SD-SMP nggak

    BalasHapus
  29. Menurut ku gk gpp karena Ijazah SD - SMP biasanya tidak terlalu terpakai. Yang diminta itu biasanya ijazah SMA, S1, S2, dst.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tpi kak klo mau ngurusin surat keterangan buat jaga", buatnya di sd sama smpnya gtu?

      Hapus
  30. Mau ngerubah nama di ijazah sma bisa gk ya ka?

    BalasHapus
  31. kalo mau rubah nama di ijazah sd sama smp bisa ga ya kak?

    BalasHapus
  32. Permisi, mau tanya kalo mau mengganti nama di akte kelahiran saat ini, apakah akan mempengaruhi proses dan berkas² untuk pendaftaran kuliah nanti? Rencana mau daftar kuliah tahun depan, sedangkan nama saya di KTP, akte, kk, kis beda²

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada saat kuliah, biasanya akan mengikuti nama di Akta Lahir / form pendaftaran. Jadi pilih aza salah satu dokumen yg akan dijadikan nama utama dan terus menggunakan nama tsb.

      Hapus
  33. Ka
    Nama di KTP, ijazah dan akte saya masing" beda satu huruf,
    Klo saya ganti nama di akte sesuai KTP bisa kah?
    Soalnya klo ganti yg di KTP bakal ngaruh ke bpjs, NPWP, paklaring dan semuanya

    BalasHapus
  34. Halo pak Rhio.
    Saya mau tanya pak, tempat tanggal lahir saya itu berbeda di kk dan akte berbeda, apakah itu bisa bermasalah kepada dokumen seperti ijasah?

    BalasHapus
  35. Surat untuk mengklarifikasi nama ijasah yang berbeda itu apakah dapat digunakan pada kerja juga? Jika di mintai ijasah kenapa berbeda?

    BalasHapus
  36. Bang kalo nama di ijazah S1 itu harus ngikutin nama yang ada di ijazah sebelumnya ya?

    BalasHapus
  37. Gak harus.nama di ijazah biasanya mengikuti nama di Akta Lahir or di KTP.

    BalasHapus
  38. Bang kalau ganti nama total,apakah diijazah nya masih berlaku buat kuliah/kerja?🙏

    BalasHapus
  39. Terus gimna klau ijasa kita gak ada apa masih bisa di ganti walaupun Tampa ijasa..?🙏

    BalasHapus
  40. Mau nanya mas,apa bisa mengganti nama secara keseluruhan dari akte lahir juga ijazah dari SD sampai SMA?

    BalasHapus
  41. Akhirnya ketemu blog dengan tulisan yang senasib, hehehe, kak, sebenarnya saya sudah tau mungkin kputusan yg saya ambil yang manaaa, tapi saya tetep ingin tanya ke kakak, biar lebih yakin aja, hehe
    Jadi gini
    Nama di :
    • Akta,KK,KTP,Passport= Hadiyatunna 'imah
    • Ijazah SD, SMP, S1 = Hadiyatunnaimah
    •Ijazah SMA = Hadiyatun Naimah

    Dari ketiga nya, tulisan nama yang benar ada di ijazah SMA kak,

    Banyak orang "yg ngerti" masalah ini, ngrekomendasiin ganti nama sesuai ijazah terakhir ajaa, seperti itu..
    Okeelah, setelah ini sidang bla bla bla, tapi kak, seumpama saya ganti nama ke yang benar2 benar (sperti d ijazah SMA),lalu ijazah s1 nya selanjutnya gimana ya kak, jadi gak fungsi kah? Hiks, dan automatis, ijazah SD,SMP juga sama..

    Kira2 langkah mana yg harus saya ambil kak, mohon jawabannya, terimkasih ...

    BalasHapus
  42. Pak Rhio izin bertanya, untuk pembuatan paspor, nama di ktp, KK dan Akta sudah sama, namun di Ijazah SMA berbeda apakah itu akan bermasalah ?
    Terimakasih

    BalasHapus
  43. Pak Rhio ijazah SD,SMP,SMA,Aniyah IJAZAH SI saya samakan dng KTP dan data2 lain tp pas ada verval ijazah di silvil kok masih sama dengan ijazah SD , butuh berapa lama untuk proses oengajuan di silvil pak terimakasih

    BalasHapus
  44. Halo mas Rhio. Waktu dapet surat keterangan dari kampus perihal nama beda apakah ada materai nya? Aku minta surat keterangan tapi ga ada materai nya. Kalau kita mau kuliah lagi memang bisa ya nama sesuai dengan akta, bukan dengan ijazah terakhir. Thanks

    BalasHapus
  45. Mas Rio mau nanya
    Saya mau mengubah nama saya master Junaidi menjadi Ahmad junaidi di akte,KK,dan ijazah apakah bisa?
    Dan kalo bisa nama apa yang harus d rubah pertama kali?
    Dan bagaimana prosesnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu menjawab, sebaiknya yg diubah pertama kali adalah akte lahir terus yang lainnya bisa mengikuti

      Hapus
  46. Halo mas, saya sudah lulus sma dan mau mengganti nama dan tanggal lahir karena tidak sesuai, bagai mana dengan ijazah saya apakah bisa dipakai daftar kuliah? Terimakasih

    BalasHapus
  47. Mas Rhio,

    Saya ingin mengganti nama anak saya dengan menghiangkan embel embel nama daerah dari Bali, dengan alasan saya perlu melakukan itu karna permasalahan perkawainan dan sampai saat ini ayahnya tidak pernah menafkahi, jadi saya ingin mengganti nama anak saya. Apakah bisa jika dengan alasan seperti itu? dan anak saya sudah punya ijasah TK dan SD dengan nama lama. Mohon advise nya.

    BalasHapus
  48. Mas mau tayak nich, nama ijazah SD sy berbeda dgn ijazah yg lain, pokokx smua berkas cuma nma ijazah SD yg beda, trus law madaftar CPNS kan nantix butuh ijazah SD untuk pemberkasan , jdi solusinya gi mna Mas ??

    BalasHapus
  49. Mas mau tanya kalau mau tambah nama bagaimana,soalnya di ijazah nama panggilan sja sedangkan nama yg di kasih ortu tu TDK tercantum,itu mau ganti semua mulai dri ijazah SD Pokokx ganti total

    BalasHapus
  50. kalau mau ganti nama di ijazah
    mau di samakan yang di akte
    apa masih bisa

    BalasHapus